Windows Server


1.       Windows NT
guidebookgallery.org

Operating system jebolan Microsoft ini merupakan sistem operasi pendahulu dari banyak sistem operasi yang sekarang telah populer . windows XP, Windows 7, Windows Vista, Windows  Server 2003 adalah hasil pengembangan dari Windows NT. Sebenarnya sistem operasi ini merupakan pengembangan dari IBM OS/2 versi 3.0 . IBM dan Microsoft bekerja sama dalam proyek ini. Tetapi karena beberapa alasan, akhirnya kerja sama dihentikan dan Microsoft melanjutkan sendiri proyek tersebut sehingga terciptalah Windows NT.
Windows NT memiliki beberapa edisi:
a.       Windows NT Workstation, yang dikhususkan untuk penggunaan pada workstation jaringan.
b.      Windows NT server, yang dikhususkan untuk server jaringan.
c.       Windows NT enterprise server atau Windows NT Advanced Server yang sama-sama untuk server tetapi ditambahkan beberapa fitur lebih banyak.
Dalam perkembangannya, Windows NT mempunyai banyak versi yaitu dari Windows NT 3.1 sampai Windows NT 6.1. beberapa versi Windows NT adalah Windows XP (NT 5.1), Windows Vista (NT 6.0), Windows 7 (NT 6.1), Windows Server 2008 (NT 6.1).
Windows NT menggunakan C dan C++ untuk bahasa pemrogramannya sehingga sistem operasinya bersifat portabel.

2. Windows Server 2000
deryaditya.blogdetik.com

Sistem operasi ini terutama digunakan untuk Web, aplikasi dan File server. Windows Server 2000 merupakan salah satu versi dari Windows 2000 yang ditujukan sebagai pengganti dari Windows NT Server 4.0.  Mempunyai dukungan hardware RAM hingga 4GB dan 4 MikroProsessor. Fitur-fitur yang tersedia pada Windows 2000 Server agak berbeda dengan Windows 2000 Profesional meskipun ada beberapa kesamaan. Windows Server 2000 dapat menjadi controller domain dengan kemammpuan untuk membaca/menulis copy dari data Active Directory. Beberapa fitur yang lain adalah Disk Quotas, DFS (Distributed File System), dengan Server dukungan seperti IIS(Internet Information Servers),
SQL server, Exchange server, System Management Server, RADIUS (Remote Authentication Dial-In User Service) dan SNA Server.


3.Windows Server 2003
ronabaika.blogspot.com
    Pengembangan dari Windows Server 2000 menghasilkan sistem Operasi komputer Server yang lebih baik , yaitu Windows Server 2003. Beberapa edisi dari Windows Server 2003:
    a.       Windows Small Bussiness Server (SBS), merupakan sistem operasi Windows Server yang ditujukan untuk pasar bisnis kecil dengan solusi teknologi yang cukup lengkap.
    b.      Web edition, sudah jelas dari namanya, untuk Web edition adalah edisi Windows Server 2003 yang menunjang aplikasi-aplikasi Web, Web pages dan layanan Web XML.
    c.       Standard edition, ditujukan untuk pasar standar ( bisnis kecil dan menengah).
    d.      Enterprise edition, targetnya adalah pasar menengah hingga bisnis besar dengan fungsi server penuh yang mendukung hingga 8 prosesor.
    e.      Data Center edition, edisi ini dipasarkan secara semi paket (hanya kompatibel dengan hardware dari sebuah vendor yang berlisensi Microsoft).
    f.        Storage Sever edition, menawarkan layanan berbagi berkas dan berbagi alat pencetak yang tidak membutuhkan Client Access License (CAL). Sama seperti data center edition, edisi inpun dipasarkan secara semi paket.


    4.  windows Server 2008
    bzupages.com

    Sistem operasi komputer server ini terbilang sangat baru dalam perilisannya. Merupakan pengembangan dari Windows server 2003 dan masih dibangun dari pengembangan Windows NT yaitu versi NT 6.x. karena dibuat dengan kode yang sama dengan Windows Vista, maka Windows server 2008 pun mempunyai arsitektur dan fungsi-fungsi yang sama serta mendukung sistem klien dengan Windows Vista. Beberapa kelebihan (fitur) yang dimiliki Windows Vista pun ditawarkan dalam Windows Server 2008. Sistem oprasi ini lebih mudah di instal, peningkatan keamanan yang lebih, Windows fierwall yang lebih baik dll. Untuk hardware, prosesor dan storage Windows server 2008 dibuat dengan model plug and playhardware sehingga mendukung proses hot pluging terhadap perangkat-perangkat tersebut. Artinya, Windows Server 2008 mempunyai fitur Dynamic Hardware Partitioning, yang berarti setiap bagian (partisi) memiliki memori, prosesor, I/O yang independen terhadap bagian (partisi) yang lain. Windows server 2008 dirilis untuk Manufaktur, kemudian Microsoft mengembangkan dan merilis Windows Server 2000 R2 yang berarti Windows Server 2008 rilis kedua.
    « Previous
     
    Next »
     

    0 komentar:

    Your comment / Windows Server