Windows 3.x , Windows 95, Windows ME, dan Windows XP

                                Windows 3.x
                Semua seri dari Windows 3.x mempunyai semua kelebihan yang ada pada pendahulunya yaitu Windows 2.xx. windows 3.x dikembangkan dan memunculkan beberapa seri yaitu Windows 3.0 hingga Windows 3.11. Windows 3.xx mampu menjalankan beberapa MS-DOS prompt dann aplikasinya secara bersama-sama (multitasking). Perilisan pertama windows 3.xx adalah seri 3.0 dan disambut baik oleh pasar. Hal tersebut adalah karena tersedianya SDK (Software Development Kit) yang dapat memudahkan pengembanbgannya. Windows 3.10 adalah salah satu seri dari 3.xx yang terbilang sangat sukses (best selling GUI dalam sejarah). Pada seri ini, microsoft melengkapinya dengan fitur-fitur multimedia (MIDI, Wave, CD audio) dan True Type Font yang disertakan dengan MCI (Media Control Interface). Microsoft kemudian merevisi seri 3.10 dan meluncurkanseri 3.11 pada 8 November ’93. Microsoft tidak menambahkan fungsi dan fitur  baru hanya memperbaiki cacat (bug) pada 3.10. Windows 3.11 dapat di download secara gratis bagi yang sudah memiliki Windows 3.10 karena merupakan versi up-gradenya.

                                Windows 95
                Microsoft memproduksi sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diberi nama Windows 95, sesuai dengan tahun dirilisnya. Pada sistem operasi ini telah dikenalkan menu Start untuk , mengakses grup program dan Windows Explorer sebagai ganti dari File Manager. Didukung  juga plug and play dan aplikasi MS-Dos. Microsoft menyediakan Microsoft Office yang kemudian membesarkan namanya. Windows 95 kemudian dikembangkan dan memunculkan Windows 98, sebuah produk kedua dari Windows 95 yang dirilis tahun ’98. Windows 95 memiliki beberapa versi (edisi) yaitu Windows 95 Retail, Windows 95 Retail SP1, Windows 95 OEM Service Release 1, OEM Service release 2, OEM Service Release 2.1 dan OEM Service Release 2.5.

                                Windows ME
                Me merupakan kependekan dari Milenium Edition. Windows ME merupakan pengembangan dari Windows 98 dan didesain khusus untuk home user ( pengguna rumahan). Diluncurkan pada tahun 2000 dengan dukungan yang lebih baik untuk program 16-bit/32-bit karena merupakan OS transisi antara 16-bit ke 32-bit. Windows Me merupakan produksi ke-3 dari Microsoft dan merupakan produk yang bagus tetapi mempunyai fitur keamanan yang kurang (mudah di terobos). Pada Me sudah tersedia winamp terbaru pada masa itu, Direct X 8.8, Internet Explorer 5.5, dan Windows Media Player seri 8. Sama seperti versi-versi sebslumnya, ME masih menggunakan Microsoft Office 90-an.

                                Windows XP
                Diluncurkan tahun 2001 yang merupakan pengembangan dari Windows 2000 profesional dan Windows Me. XP merupakan kependekan dari Experience. Windows XP mempunyai beberapa versi  yaitu Windows XP home edition, XP profesional, XP Media Center edition, XP Tablet Pc edition, Xp starter edition , XP Profesional x64 edition dan XP profesional x64 edition for itanium. Dari sekian Windows XP, edisi Profesional merupakan edisi yang dianggap paling lengkap dan Microsoft telah menerapkan teknik management software yang dapat menghindari “DLL HELL”. Pada post sebelumnya saya sudah mengenalkan sedikit tentang sistem operasi ini dengan judul “ Windows XP, sistem Operasi komputer-ku”.
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Windows 3.x , Windows 95, Windows ME, dan Windows XP