Mari mengenal keluarga Unix





Sun OS (Solaris), Linux, Mac OS dan FreeBSD adalah nama-nama dari sistem operasi untuk komputer. Keempat Operating System tersebut adalah sistem-sistem operasi yang diadopsi dari UNIX Operating System. Lalu apa perbedaan dari keempat OS tersebut? Langsung saja kita tengok kepribadian mereka secara singkat.


1.   Sun OS

downloadsquad.switched.com

Sistem Operasi Sun merupakan keluarga UNIX yang dipakai untuk workstation Sun Microsystem. Dalam perkembangannya, versi Sun OS yang ke-5 berubah nama menjadi Solaris sehingga sekarang versi-versi/edisi SunOS sebelumnya pun dianggap sebagai Solaris. Oracle dan beberapa aplikasi enterprise menggunakan Solaris sebagai platform. SunOS/Solaris diciptakan untuk digunakan pada high-end hardware yang dapat mendukung puluhan processor, GB RAM dan Harddisk. Sistem Operasi ini didesain hanya bisa berjalan dengan processor SPARC yang notabene diproduksi oleh SUN sendiri.


2.    Linux
blackcandle-techno.blogspot.com
Meskipun bukan sistem UNIX yang resmi, tapi Linux mempunyai dasar warisan, budaya, arsitektur dan pengalaman sistem operasi UNIX. Turunan UNIX yang satu ini merupakan implementasi independen dari POSIX OS. Linux tercipta dari proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds. Beberapa keunggulan Linux:
a.    Open Source, memberikan kesempatan kepada user untuk melihat program asal dan atau mengubahnya tanpa harus mendapat sanksi property right.
b.    Freeware, mengijinkan user untuk memakai dan menyebarkan tanpa perlu  dituntut royalti oleh penciptanya.
c.    Minimal Hardware, tidak memerlukan hardware yang mahal.
d.    Non-fragmentasi, mempunyai reduksi fragmentasi otomatis.
e.    Kebal virus
f.     TCP/IP
g.    Multi user, multi tasking dan masih banyak lagi keunggulan Linux.
Walaupun Linux mempunyai segudang kelebihan, perlu diketahui bahwa Linux sama sekali berbeda dengan sistem Operasi Windows yang kita semua tahu mayoritas masyarakat dunia menggunakannya sehingga perlu waktu dan tenaga ekstra untuk belajar Linux.


3.    Mac OS
noctaviani.blogspot.com



Macintosh Operating System atau lebih dikenal dengan nama MacOS adalah sistem operasi komputer turunan Unix jebolan Apple. Sistem operasi ini dibuat khusus untuk kmoputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. Apple mendisain MacOS dengan kestabilan dan interface yang powerful serta user friendly. Dalam penggunaannya, MacOS lebih mudah digunakan oleh semua usia tanpa harus banyak berpikir karena disainnya yang intuitif. Beberapa fitur disediakan pada OS ini walaupun sebenarnya tidak diperlukan untuk menjalankan server internet, lagipula hanya kompatibel untuk hardware produk Apple sendiri. Sejumlah fitur yang tersedia pada FreeBSD telah diintegrasikan pada MacOS X Apple.


4.    FreeBSD

kahvipapu.com

Sistem Operasi berlambang “hell Boy” ini masih salah satu keluarga Unix. FreeBSD (Berkeley Software Distribution) merupakan pengembangan dari UNIX AT&T. Kata free berarti bebas, artinya FreeBSD adalah Operating System yang (berlisensi) bebas. Pada tahun 1993, karena beberapa alasan pengembangan 386BSD dihentikan, yang kemudian digantikan dengan dua proyek baru. Salah satu proyek tersebut adalah FreeBSD. Setelah mmengalami banyak pengembangan, lahirlah FreeBSD edisi 6.0 yang diyakini memiliki stabilitas , performa serta terjamin keamanannya. Karena alasan tersebut, banyak perusahaan menggunakan operating system ini. Sekarang, FreeBSD masih terus dikembangkan.
Sudah cukup tahu tentang keluarga unix dengan perkenalan singkat ini??

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Mari mengenal keluarga Unix