VISUAL BASIC???


Dalam dunia komputer, dikenal sebuah istilah “bahasa pemrograman”. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
Microsoft Visual Basic ( sering disebut VB saja) pada dasarnya adalah sebuah bahasa pemrograman komputer. Visual Basic menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) dan menawarkan pengembangan software komputer berbasis grafik dengan cepat. Sejarah Basic ditangan Microsoft sebagai bahasa yang di interpretasi (BASICA) dan juga bahasa yang dikompilasi (BASCOM) membuat Visual Basic diimplementasikan sebagai gabungan keduanya. Visual Basic mengalami perkembangan dalam perjalanannya yaitu dari VB 1.0 sampai VB 10.
Beberapa kemampuan Visual Basic antara lain :
·         Untuk membuat Program Aplikasi berbasis Windows
·         Untuk membuat objek-objek pembantu program, seperti misalnya kontrol ActiveX, fileHelp, aplikasi internet, dsb.
·         Menguji program (debugging) dan menghasilkan program akhir berakhiran EXE yang bersifat Executable (dapat langsung dijalankan).
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, namun tidak sepenuhnya. Beberapa karakteristik objek tidak dapat dilakukan pada VB. VB menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain.
Cara kerja Visual Basic
Setiap bahasa pemrograman berbasis visual (terutama VB) kini tidak lagi menggunakan orientasi linear (segaris) didalam pembuatan programnya, melainkan dengan berorientasi pada objek-objek yang terpisah-pisah (Object-Oriented). Dalam pemrograman berbasis Oriented Object Programming (OOP), sebuah program dibagi menjadi bagian-bagian kecil yang disebut dengan objek. Setiap objek mempunyai entiti yang terpisah dengan entiti objek-objek lain dalam lingkungannya. Objek-objek yang terpisah ini dapat diolah sendiri-sendiri, dan setiap objek mewakili sekumpulan sifat dan metode yang melakukan fungsi tertentu sesuai dengan yang telah kita programkan kepadanya.
Setiap objek mengandung 3 (tiga) hal utama:
·         Properti/Atribut, adalah karakteristik atau sifat dari sebuah objek.
·         Metode, yaitu serangkaian prosedur yang dimiliki oleh suatu objek yang akan dijalankan sesuai dengan respon yang diberikan oleh suatu perintah/kejadian.
·         Event, merupakan kejadian atau segala sesuatu yang dapat dialami oleh sebuah objek.
Bagian terpenting dari visual Basic adalah objek-objek yang membentuk suatu aplikasi. Salah satu objek ini adalah yang disebut dengan istilah kontrol. Sebelum memahami fungsi dan cara penggunaan kontrol, kita tidak akan bisa membuat sebuah aplikasi VB dengan baik. Kontrol adalah salah satu objek/komponen suatu apllikasi yang diletakkan didalam form untuk membentuk suatu program aplikasi. Setiap kontrol adalah entiti yang berdiri sendiri namun saling berkolerasi satu sama lain untuk membentuk suatu aplikasi yang utuh. Kontrol bisa dirubah ukurannya, dipindahkan posisinya, dihapus, dimanipulasi dengan form editor, diberi nama dan juga bisa dicopy. Jika kita mengcopy sebuah kontrol, maka VB akan memberikan pilihan untuk menciptakan sebuah contoll array. Array kontrol adalah sekelompok kontrol-kontrol yang memiliki nama yang sama. Salah satu unsur yang juga penting dari sebuah kontrol adalah fokus. Fokus adalah objek yang aktif (sedang dipilih) saat aplikasi sedang berjalan. Fokus sangat penting bagi aplikasi windows karena menentukan kapan setiap objek dapat menerima penekanan tombol keyboard. Tertarik mempelajari dan mendalaminya? Sok aja...
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / VISUAL BASIC???