Smartphone OS : “Windows Mobile, Symbian, BlackBerry, iPhone, dan Android”

 Ternyata bukan cuma komputer desktop saja yang memakai Operating System. Mobile pun punya macam-macam Sistem Operasi. Nah Windows Mobile, Symbian, BlackBerry, iPhone dan Android adalah Sistem-sistem Operasi yang diperuntukkan pada mobile(telepon selular) khususnya SmartPhone alias telepon pintar. Untuk lebih jelasnya, mari kita kupas sistem-sistem operasi tersebut satu per satu.

1.    Windows Mobile

Udah keliatan dong dari namanya..? yup, benar sekali! Windows Mobile adalah Operating System Smartphone dan perangkat nirkabel lainnya besutan Microsoft. Windows mobile sendiri memiliki beberapa versi/edisi:

a.    Windows Mobile Standar, yang dipakai pada mobile non touchscreen.

b.    Windows Mobile Profesional, yang dipakai pada mobile jenis touchscreen.

c.    Windows Pocket PC 2000

Menu pada sistem operasi ini hampir sama dengan Sistem Operasi Windows untuk komputer desktop yang lebih cocok untuk aplikasi perkantoran (office). Tapi perlu diketahui, konsumsi dayanya cukup besar alias makan batere. Sistem operasi Windows Mobile sudah jarang digunakan seiring perkembangan teknologi.

2.    Symbian

Sistem Operasi telepon pintar ini sangat populer pada masanya. Sehingga tidak tanggung-tanggung, Nokia berani membeli seluruh sahamnya. Maka tidak mengherankan jika Operating System ini ditanamkan pada hampir semua smartphone ber-merk Nokia ( semua Nokia N-Series menggunakan sistem operasi ini). Symbian tidak jauh berbeda dengan OS pada komputer desktop. Mampu melakukan operasi secara Multi threading, multi tasking serta pengamanan terhadap memori. Konsumsi dayanya tidak seboros Windows Mobile dan lebih cocok untuk entertainment (multimedia).

3.    BlackBerry

Sebenarnya BlackBerry adalah nama perangkat celular (smart phone), bukannya nama sebuah operating system. Tetapi perlu diketahui, BlackBerry menggunakan sistem operasi yang berbeda dari Windows Mobile, Symbian, iPhone maupun Android. RIM (Research In Motion), perusahaan dari Kanada yang pertama kali memperkenalkannya pada dunia pada tahun 1997 dan baru sampai ke Indonesia tahun 2004 (Indonesia kemana aja ya selama 7 tahun itu???). RIM menyediakan OS yang multitasking untuk BlackBerry. OS versi 4 telah mendukung MIDP 2.0 yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dengan sinkronisasi email dll. BlackBerry mempunyai beberapa software (perangkat lunak) yaitu : BlackBerry Enterprise Server (BES), yang mengintegrasi pada sistem email berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino dan Novell Group Wise. BlackBerry Professional Software (BPS), yaitu komunikasi nirkabel yang mendukung banyak fitur yang dibutuhkan karyawan. BlackBerry Internet Service (BIS), yang mengintegrasikan mobile dengan 10 akun email berbasis Post Office Protocol (POP3) dan internet Message Access Protocol (IMAP). BlackBerry Mobile Data System (MDS), merupakan pengembangan dari BES yang berguna untuk membangun, menyebarluaskan dan mengatur interaksi mobile dengan aplikasi perusahaan.

4.    iPhone

Diproduksi oleh Apple inc. OS smartphone berlambang apel ini menjadi sangat populer beberapa waktu yang lalu dan sekarang pun masih menjadi pilihan favorit meskipun tidak sepopuler dulu. iPhone bersaing ketat dengan BlackBerry dengan menawarkan banyak fitur menarik seperti homescreen, folders dan aplikasi-aplikasi bawaan yang menarik semisal Safari untuk webbrowser, iPod sebagai portable media player, youtube untuk video streamer, iTuned untuk mengakses iTunes Music Store, Tunes Podcast Directory, game center dll. Sama seperti OS smartphone yang lain, iPhone pun bersifat multitasking dan sudah bersifat switching aplication.

5.    Android

Sistem Operasi smartphone yang satu ini merupakan OS yang sedang populer dan sangat booming. Meskipun terbilang baru, tapi sudah bisa menarik banyak penggemar. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang tentunya bersifat Open Source. Dan ini menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang menggilainya. Mobile pertama yang menggunakan OS ini adalah HTC Dream yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Android sekarang telah berkembang dan mempunyai beberapa versi/edisi yaitu Android 1.1, 1.5 (Cupcake), 1.6 (Donut), 2.0/2.1 (Eclair), 2.2 (Froyo: frozen Yoghurt) dan 2.3. Karena mendapat dukungan pennuh dari Google,  android mempunyai banyak fitur yang mampu membuat pasar meliriknya. Sebutlah Pushmail, Gmail, Googlemaps, Google Calender serta didukung media audio, video dan berbagai format gambar dll. OS ini sangat cocok untuk user yang banyak serta perlu mengakses internet. Android kini menjadi pesaing berat bagi BlackBerry dan iPhone. Di Amerika android telah merajai pasar smartphone yaitu sekitar 34%. Bahkan android diramalkan akan segera menyingkirkan kedua pesaingnya pada tahun 2013.

            Bagaimana? Kira-kira jenis smartphone dengan sistem operasi yang mana yang cocok untuk keperluan kita?

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Smartphone OS : “Windows Mobile, Symbian, BlackBerry, iPhone, dan Android”