E-business dan jenisnya

Your comment You are on E-Business Edit posts?
Sudah saya posting beberapa artikel mengenai bisnis elektronik mulai dari contoh-contoh perusahaan yang menjalankan bisnis utama mereka dengan teknologi internet hingga beberapa orang yang sukses menjalankan bisnis online-nya. Sebenarnya ulasan saya sekarang bukan hal baru, mungkin sudah saya bahas sedikit pada tulisan saya yang lalu. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai jenis e-business, seperti e-commerce, e-government dan beberapa e-e lainnya.
 Ok, saya mulai dengan definisi E-business terlebih dahulu. E-business adalah penggunaan teknologi informasi, komunkasi oleh seseorang, kelompok organisasi, ataupun pihak-pihak yang bersangkutan untuk menjalankan bisnis utama mereka sehingga mereka mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini dapat berupa profit, keamanan, fleksibilitas, efisiensi, optimasi, integritas maupun peningkatan produktivitas. Singkatnya, elektronik bisnis adalah bisnis online, yaitu bisnis yang dijalankan dengan penggunaan media internet. Sudah jelas kan definisi e-business?
Sekarang saya mulai ke pembahasan selanjutnya mengenai jenis-jenis ‘e-e’ dengan e-business.
1. E-learning

Electronic learning adalah belajar secara elektronik. Maksudnya? Jadi, pembelajaran dilakukan secara elektronik bukan hanya berbasis computer (belajar dengan computer), tapi lebih bersifat online. E-learning bertujuan untuk memudahkan proses belajar tanpa melihat tempat (jarak yang jauh antara pengajar dan pelajar) dan dapat dilakukan kapan saja oleh siapa saja. Saat ini, e-learning sendiri sudah sangat marak, mulai dari kursus-kursus online tentang pelajaran tambahan seperti di sekolah hingga kursus-kursus yang lain. Jika dilihat dari definisi e-business di atas, e-learning adalah merupakan e-business jika pembelajaran merupakan bisnis utama dari seseorang maupun organisasi yang menjalankan.
2. E-Government
Jika E-learning lebih menitik beratkan pada penggunaannya, maka E-Government lebih kepada siapa yang menggunakannya. Secara bahasa, tampak jelas bahwa E-Government adalah bisnis elektronik yang dijalankan oleh pemerintah. Jadi, pemerintah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan proses bisnisnya yaitu bidang pemerintahan dan kemasyarakatan seperti bertukar informasi dan pelayanan kepada penduduk, perusahaan maupun sesama pemerintah. Beberapa layanan pemerintah yang berbasis internet antara lain adalah pembuatan KTP, pembayaran pajak, data demografi dan lain sebagainya. 3. E-Commerce
Dari bahasa, E-Commerce jelas mengacu pada sesuatu yang bersifat komersial, artinya menghasilkan uang. Pada aplikasinya, E-Commerce adalah pembelian maupun penjualan baik produk (barang) maupun jasa dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Jadi, jelas bahwa E-Commerce adalah bagian dari E-Business,dimana sebuah bisnis utama dijalankan dengan media internet. Ok, ulasan saya sekarang mungkin cukup segini aja.
Sebenarnya dari tiga bidang e-business di atas masih bisa di bagi-bagi lagi. Namun intinya sih sama. Semoga bermanfaat yaa..
« Previous
 
Next »
 

1 komentar:

Ok bro unknown thx sharingnya..

Your comment / E-business dan jenisnya