Content Management system

Your comment You are on E-Business Edit posts?

   Masih berbicara soal website dan unsur-unsurnya.. kali ini akan saya ulas sedikit tentang salah satu unsur yang tak kalah pentingnya dari sebuah website selain hosting, yaitu content management system atau biasa disingkat CMS. Bagi temen-temen yang masih baru belajar dan ingin mengelola web mungkin muncul sebuah tanda tanya setelah mendengar kata content management system. Ya, CMS apaan si?? Kalau saya si suka mengartikannya secara harfiah (bahasanya), content=isi, management=memanipulasi/mengatur, system=sistem. Kasarnya, CMS adalah system pengaturan isi. Setelah saya tanyakan sama si embah google, ternyata CMS tak lain dan tak bukan adalah suatu perangkat lunak. Kalau digabung-gabungkan, kira-kira begini : CMS adalah suatu perangkat lunak yang  digunakan oleh pemilik web sehingga memungkinkan  pemilik web untuk menambahkan maupun memanipulasi dengan mengubah isi dari websitenya.
Biasanya, sebuah CMS terdiri dari dua unsur penting, yaitu :
a.       Aplikasi manajemen isi /Content Management Aplication (CMA),
yang digunakan untuk me-manage pembuatan, pengubahan/modifikasi serta penghapusan isi dari website tanpa perlu mengetahui HTML. Perlu diketahui, beberapa tahun yang lalu tidak ada CMS sehingga pemilik web harus mempunyai pengetahuan tentang HTML untuk fungsi tadi. Nah, sekarang kita dimudahkan untuk mengelola web tanpa perlu ahli HTML karena adanya elemen CMA pada CMS.
b.      Aplikasi pengiriman isi/Content Delivery Aplication (CDA), yang berfungsi untuk memakai serta mengumpulkan data/informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi maupun diubah oleh pemilik web untuk memperbaharui websitenya.
Seringnya, CMS dimanfaatkan dalam pengelolaan website suatu perusahaan maupun bisnis serta organisasi dan komunitas. Dan paling banyak dimanfaatkan dalam aplikasi e-commerce.
Di dunia, perangkat lunak CMS cukup banyak. Beberapa yang sering digunakan adalah wordpress, drupal dan joomla.
Fitur-fitur yang dimiliki tiap CMS berbeda-beda, tapi biasanya memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Content Management system