CMS populer….part.1

Your comment You are on E-Business Edit posts?

Setelah mengulas tentang what is CMS all about, sekarang waktunya melakukan seleksi CMS mana yang tepat untuk web yang akan kita kelola. Tidak berbeda dengan hosting, kita juga harus melakukan review CMS sehingga kita tidak salah pilh karena CMS sangat berpengaruh pada sebuah website.
Saya kasih sedikit review dari beberapa CMS yang populer dan paling sering digunakan oleh pemilik web dunia :

  1. Drupal
 
Drupal merupakan satu dari beberapa CMS popular open source yang paling digemari. CMS ini didistribusikan dibawah lisensi GPL. Dan seperti CMS opensource lainnya, drupal dimaintenance dan dikembangkan oleh banyak organisasi dan komunitas pengembang dan pengguna diseluruh dunia. Namanya juga open source, jadi Drupal dapat diunduh dan digunakan secara bebas, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara perorangan maupun kelompok organisasi /komunitas untuk mempublikasikan , mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi pada sebuah situs web. Drupal bukan hanya dapat digunakan sebagai CMS, namun dengan modul API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai CMF (Content Management Framework) dalam membangun aplikasi berbasis Web.
Drupal mempunyai banyak fitur unggulan, antara lain adalah sebagai berikut :
a.       Content Management system
b.      Content Management Framework
c.       Drupal multi bahasa, bahkan sudah mendukung bahasa jawa, wow
d.      Konten / isi multimedia
e.      Blog individual maupun kelompok
f.        Pengaturan pengguna hak akses yang tidak terbatas
g.       Mendukung banyak bahasa database, seperti MySQL , MsSQL dan lain-lain
h.      Built-in forums engine
Dari fitur-fitur tersebut, pengguna dapat menggunakan drupal untuk membuat maupun membangun aplikasi E-Commerce, web perusahaan, forum untuk diskusi, jaringan intranet, social networking (situs jejaring social), blog, portal web komunitas, kumpulan sumber informasi dan galeri multimedia.

Konsep drupal :
Node, taxonomy, comment, module, menu, hook, theme, entity..
Hebat kan??? 
 
   2.       Joomla! 


 
Joomla merupakan bahasa Swahili yang berarti kebersamaan. Sama seperti drupal, joomla! juga jenis CMS yang free opensource. Dan, tentu saja perawatan dan pengembangan joomla terus dilakukan oleh para komunitas pengguna dieluruh dunia untuk peningkatan fungsionalitasnya. Joomla! ditulis dengan bahasa yang paling umum digunakan, yaitu PHP dan bahasa database-nya MySQL. Again, lisensi Joomla! Juga ada dibawah GPL, sama seperti drupal. Fitur unggulannya antara lain adalah sistem caching untuk peningkatan performance, RSS, blogs, poling, dll.
Secara garis besar, Joomla! Memiliki tiga elemen dasar yaitu webserver (Apache) terhubung internet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs, script PHP yang berisi program dalam bahasa PHP dan basis data dengan MySQL  yang menjadi tempat penyimpanan konten.
Paket Joomla! terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, namun dapat dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan.
Dalam pengembangannya sejak peluncurannya pada tahun 2005, Joomla! mempunyai keunggulan yang berbeda dan terus meningkat. Joomla! dengan banyak keunggulannya, telah menjadi salah satu CMS dengan jumlah pengguna terbesar di dunia.

review part1 segini dulu ya,, dilanjut nanti part2...hehe







« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / CMS populer….part.1